Pengertian, Arti, Tujuan dan Jenis - Jenis Desain Produk

Desain Produk merupakan terjemahan dari Industrial Design. Sebagian para ahli menerjemahkan Indusrtial Design dengan desain produk.
Desain produk bisa disebut dengan desain kemasan, Desain produk diartikan sebagai sebuah ide, Pengembangan konsep, Pengujian, dan Pelaksanaan manufaktur atau jasa.

Desain Produk adalah sebagai alat manajemen untuk menterjemahkan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan sebelum menjadi rancangan yang nyata yang akan diproduksi dan dijual dengan menghasilkan laba.

Desain produk bisa dimaknai menjadi sebuah proses dalam menciptakan produk baru yang rencananya akan dijual untuk masyarakat luas.

Desain produk berbentuk konsep dan evaluasi ide yang kemudian diubah menjadi suatu penemuan mata yang mengenai sebuah produk.

W. J Stanton (1981)
yang telah diterjemahkan oleh DR. Buchori Alma dalam bukunya manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, yaitu :
"Yang dikatakan produk adalah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud, Termasuk didalamnya masalah warna, Harga nama baik perusahaan, Nama baik toko yang menjual, dan pelayanan pabrik serta pelayanan pengencer yang diterima pembeli guna memuaskan keinginan."

Pengertian desain dikemukakan juga oleh W. J. Syanton yang diterjemahkan oleh Y. Lamarto yaitu :
"Desain adalah ragam khusus dari sebuah bentuk atau penampilan dalam seni, Produk atau ikhtiar"

Jenis - jenis desain produk
Pada dasarnya desain produk terbagi menjadi dua bagian yaitu :
  1. Mendesain produk yang benar - benar baru.yaitu membuat rancangan dan sketsa baru yang belum pernah ada pada desain sebelumnya.
  2. Mendesain atau memodifikasi produk yang sudah ada (redesign) atau melakukan pengembangan terhadap desain produk yang sudah ada.
Maksud dan Tujuan desain produk

Berdasarkan beberapa pengertian desain produk tersebut ternyata bahwa desain produk mempunyai maksud dan tujuan untuk membantu perusahaan dalam menciptakan dan mengembangkan produk baru atau untuk menjamin hasil produksi yang sesuai dengan keinginan pelanggan disatu pihak. Serta dipihak lain untuk menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan.

Maksud desain produk
  1. Untuk menghindari kegagalan - kegagalan yang mungkin terjadi dalam pembuatan suatu produk
  2. Untuk memilih metode yang paling baik dan ekonomis dalam pembuatan produk
  3. Untuk menentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dibuat
  4. Untuk menghitung biaya dan menentukan harga produk yang dibuat
  5. Untuk mengetahui kelayakan produk tersebut apakah sudah memenuhi persyaratan atau masih perlu perbaikan kembali
Tujuan desain produk
  1. Sebagai identitas/merk dari suatu produk
  2. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunya nilai jual yang tinggi
  3. Untuk menghasilkan produk yang trend pada masanya
  4. Untuk membuat produk seekonomis mungkin dalam penggunaan bahan baku dan biaya - biaya dengan tanpa mengurangi nilai jual produk tersebut
Fungsi desain produk
  1. Indentitas dari produk itu sendiri
  2. Sebagai pelindung produk, dan
  3. Penambah nilai jual produk


0 komentar