Arti, Tujuan dan Peranan Perencanaan Usaha

Arti Perencanaan Usaha
  • Gorge R. Terry : Perencanaan adalah pemulihan fakta-fakta dan usaha menghubung-hubungkan antara fakta satu dengan yang lain, Kemudian membuat perkiraan dan peramalan tentang keadaan dan perumusan tindakan untuk masa yang akan datang sekiranya diperlukan untuk menghendaki hasil yang dikehendaki.
  • Harold Koontx dan O'Donnell : Perencanaan adalah tugas seorang manager untuk menentukan pilihan dari berbagai alternatif, kebijakan, prosedur dan program.
  • W. H. Newman : Perencanaan adalah suatu pengambilan keputusan pendahuluan mengenai apa yang harus dikerjakan dan merupakan langkah-langkah sebelum kegiatan dilaksanakan.
  • Dr. SP. Siagian MPA : Perencanaan dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang dari hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.
Perencanaan usaha adalah proses penyusunan berbagai keputusan yang akan dilaksanakan yang berhubungan dengan kegiatan usaha, Mulai dari mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk membangun usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Perencanaan usaha merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang/jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuasakan dan menarik bagi penyandang dana.

Perencanaan usaha akan membuat kita dapat melihat dengan jelas apakah usaha yang di jalankan nanti memiliki prospek keberhasilan yang tinggi dan juga harus bisa menyakinkan orang lain tidak akan merugi bila melakukan kerjasama.

Perencanaan usaha juga harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, Sehingga perencaan usaha harus berbasis pada permintaan pasar.

Tujuan dan Peranan Perencanaan Usaha

Sebuah perencaan usaha paling tidak mempunyai tiga tujuan utama, yakni :
  1. Sebagai Rencana Aksi (Action Plan)
  2. Sebagai Peta Jalan (Road Map)
  3. Sebagai Alat Penjualan (Sales Tool)
Sebagai Rencana Aksi (Action Plan)
Sebuah perencaan usaha akan membantu untuk bergerak sambil tindakan bisnis. Sebuah perencaan usaha akan membantu untuk memilah-milah proses dimaksud menjadi bagian-bagian yang besar dapat dilihat sebagai sebuah urutan masalah-masalah kecil. dan dengan memecahkan masalah-masalah kecil yang dimaksud, Otomatis masalah besar tersebut juga akan dapat terpecahkan.

Jadi menulis sebuah perencaan usaha akan membantu dalam mengambil tindakan bisnis dengan membagi masalah besar ke dalam masalah-masalah kecil yang tidak terlalu rumit.

Sebagai Peta Jalan (Road Map)
Seketika memulai sebuah usaha, Perencanaan usaha akan menjadi alat yang sangat berguna agar usaha tetap pada arah yang di ingnkan. Dalam kegiatan bisnis sehari-hari yang hiruk-pikuk, Sangat mudah bagiseseorag untuk kehilangan arah usaha untuk mencapai tujuan yang indin dicapai.

Sebuah rencana bisnis membantu untuk tetap fokus dalam arah yang diinginkan untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan.

Juga perencanaan usaha akan membantu pihak lain untuk memahami visi usaha yang akan dijalankan, Termasuk supplier, pekerja, mitra bisnis, teman dan keluarga.

Sebagai Alat Penjualan (Sales Tool)
Mungkin yang paling penting adalah bahwa sebuah perencanaan usaha merupakan sebuah alat bantu penualan (Sales Tool), Sehingga sebuah perencanaan usaha merupakan alat yang bisa dpergunakan untuk menyakinkan investor untuk menempatkan investasinya di usaha tersebut.

Sebuah perencanaan usaha yang ditulis dengan baik akan mendekatkan pengelola usaha dengan pihak-pihak yang melihat bahwa ide bisnis yang ditawarkan akan juga menguntungkan mereka.

0 komentar